Selasa, 10 September 2013

Firizky Alfatah KPI 1A_Tugas1_Definisi Sosiologi

DEFINISI – DEFINISI SOSIOLOGI

August Comte
August Comte mencetuskan pertama kali nama sociology dalam bukunya yang tersohor, Positive Philosophy, yang terbit pada tahun 1838 istilah sosiologi berasal dari kata latin socius yang berarti "kawan" dan kata yunani logos berarti "kata" atau "berbicara". Jadi sosiologi berarti berbicara mengenai masyarakat. Menurut Comte, di dalam hierarki ilmu, sosiologi menempati urutan teratas diatas astronomi, fisika, kimia, dan biologi (coster, 1977). Pandangan comte yang dianggap baru pada waktu itu adalah ia percaya bahwa sosiologi harus didasarkan pada observasi dan klasifikasi yang sistematis, dan bukan pada kekuasaan serta spekulasi.
( Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan) J.Dwi Narwoko – Bagong Suyanto (ed.)
 
Emile Durkheim
Menurut  Emile Durkheim tugas sosiologi adalah mempelajari apa yang ia sebut sebagai fakta-fakta sosial yakni sebuah kekuatan dan struktur yang bersifat eksternal, tetapi mampu mempengaruhi perilaku individu, dengn kata lain, fakta sosial merupakam cara-cara bertindak, berfikir, dan berperasaan, yang berada diluar individu, dan mempunyai kekuatan memaksa yang mengendalikannya. Yang dimaksud fakta sosial disini tidak hanya yang bersifat material, tetapi juga nonmaterial, seperti kultur, agama, atau institusi sosial.
( Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan) J.Dwi Narwoko – Bagong Suyanto (ed.)
 
Max Webber
Pendiri sosiologi lainnya, Max Webber, memiliki pendekatan yang berbeda dengan Durkheim. Menurut Webber. Sebagai ilmu yang mencoba memahami masyarakat dan perubahan-perubahan yang terjadi di dalam nya, sosiologi tidak semestinya berkutat pada soal-soal pengukuran yang sifat nya kuantitatif dan sekedar mengkaji pengaruh faktor-faktor eksternal, tetapi yang lebih penting sosiologi bergerak pada upaya memahami ditingkat makna, dan mencoba mencari penjelasan pada faktor-faktor internal yang ada di masyarakat itu. Para sosiolog keluar dari pikiran-pikiran ortodoks yang acap kali terlalu menekankan pada objektivitas dan kebenaran eksklusif. Dan secara terbuka mengajak untuk mengeakui relatifitas interpretasi. Secara substansial, pendekatan yang ditawarkan Webber memang berbeda dengan Durkheim. Tetapi justru karena hal itulah perkembangan sosiologi kedepan tidak pernah stagnan apalagi mati. Sebagai sebuah ilmu yang relatuf baru, perkembangan sosiologi justru selalu mencoba mencari bentuk dan memperbaiki berbagsi kekuranga yang ada.
( Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan) J.Dwi Narwoko – Bagong Suyanto (ed.)

Karl Marx
Karl Marx mengembangkan konsep sejarah perjuangan kelas, yaitu lahirnya kelompok borjuis (kelompok yang menguasai alat-alat produksi) dan kelas proletar (kelompok rakyat jelata yang tidak memiliki alat-alat produksi). Menurut Marx, kelompok proletar akan memberontak melawan kelompok borjuis dan melahirkan suatu masyarakat tanpa kelas.
Meskipun tidak pernah terwujud, namun pemikirannya tetap berpengaruh terhadap pemikiran para ahli sosiologi. pemikiran Marx pun dilatarbelakangi dan diilhami oleh perubahan sosial besar yang melanda Eropa Barat sebagai dampak perkembangan pembagian kerja, khususnya yang terkait dengan kapitalisme
Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan) J.Dwi Narwoko – Bagong Suyanto (ed.)  


Sumber : Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan

IntanAfridaRafniKPI1B_Tugas1_DefinisiSosiologi

                                                        SOSIOLOGI
I. Nama- nama ahli Sosiologi
       Istilah sosiologi sendiri digunakan pertama kali oleh seorang ahli filsafat kebangsaan Prancis yang bernama Auguste Comte (1798-1857), kemudian dikembangkan oleh Karl Marx (1818-1883), Herbert Spencer (1820-1903), Emile Durkheim (1858-1917), Max Weber (1864-1920), George Herbert Mead, dan tokoh-tokoh sosiologi dari Indonesia antara lain; Selo Soemardjan, soelaeman Soemardi, dan Hasan Shadily.

Santika Oktaviani Fajrin KPI 1A_Tugas1_Definisi Sosiologi


Definisi-definisi Sosiologi, menurut :
1.     August Comte
         
            Comte adalah orang pertama yang menggunakan istilah sosiologi. Ia membawa pengaruh besar pada beberapa orang teoretisi sosiologi yang lebih kemudian (khususnya Herbert Spencer dan Emile Durkheim). Comte mengembangkan pandangan ilmiahnya, "positivisme", atau "filsafat positif", untuk menyerang apa yang dipandangnya sebagai filsafat negatif dan destruktif Pecerahan. Comte mengembangkan fisika sosial, atau yang pada tahun 1839 disebutnya sebagai sosiologi.

AyuWidiaSetiaMurni KPI 1B_tugas1_Definisi Sosiologi

DEFINISI SOSIOLOGI 
Auguste Comte (1798-18570
Comte mengembangka fisika sosial atau yang pada tahun 1839 disebut sosiologi.
Ilmu ini menurutnya akan menjadi ilmu yang dominan, adalah ilmu yang mempelajari social statics ( statika sosial atau struktur sosial yang ada) dan social dynamics (dinamika sosial atau perbuhan sosial.)
Pendekatan Comte, Yakni teoti evolusinya atau hukum tiga tingkatan. Teori yang dikemukakanya menyatakan adanya tiga tingkatan intelektual yang harus dilalui duinia sepanjang sejarahnya. Menurutnya, tak hanya dunia yang akan melalui proses ini, teatpi juga kelompok masayarakat,ilmu pengetahuan,individu,bahkan pemikiran berkembang melalui tiga tahap yang sama.
Pertama, tahap teologis yang menjadi karakteristik dunia sebelum era1300. Sistem gagasan utamanya menekankan pada keyakinan bahwa kekuatan adikodrati, tokoh agama dan keteladanan kemanusiaan menjadi dasar segala sesuatu. Dunia sosial dan alam fisik khususnya dipandang sebagai ciptaan Tuhan. Kedua, tahap metafisik yang terjadi kira-kira 1300-1800. Ditandai oleh keyakinan bahwa kekuatan abstraklah yang menerangkan segala sesuatu ,bukan dewa-dewa personal. Ketiga, tahap positivistik yang ditandai olehkeyakinan terhadap ilmu sains, manusia mulai cenderungmenghentikan penelitian terhdap penyebab asbsol ut (Tuhan dan alam) dan memusatkan perhatian pada pengamatanterhadap alam fisik dan dunia sosial trehdap guna mengetahui hukum-hukum yang mengaturnya. 
Emile Durkheim (1858-1917)

Anjani Naka Murti KPI 1A_Tugas1_Definisi Sosiologi

Definisi – Definisi sosiologi
A.     August Comte
Comte mengembangkan fisika sosial atau yang pada 1839 disebutnya sosiologi (Pickering,2000). Penggunaan istilah fisika sosial jelas menunjukan bahwa Comte berupaya agar sosioalogi meniru model "hard sciences". Ilmu baru ini, yang menurut pandangannya akhirnya akan menjadi ilmu dominan, adalah ilmu yang mempelajari social statics dan sosial dynamics.

Yumaretsa Ridwan KPI 1A_Tugas1_Definisi Sosiologi Menurut Para Ahli

Definisi-Definisi Sosiologi Menurut Para Ahli
1. Auguste Auguste Comte (1798-1857)
Auguste Comte adalah orang pertama yang menggunakan istilah sosiologi. Ia yakin bahwa studi sosiologi akan menjadi ilmiah. Comte mengembangkan fisika sosial yang pada 1839 di sebut sosiologi. Ilmu baru ini, yang menurut pandangannya akhirnya akan menjadi ilmu dominan. Menurutnya sosiologi adalah ilmu yang mempelajari social statics (statika sosial atau struktur sosial yang ada) dan social dynamics (dinamika sosial atau perubahan sosial).
Comte membagi gejala sosial masyarakat menjadi dua yakni, sosiologi statis dan sosiologi dinamis. 

Aanisa Natasya Wulandari KPI 1A_Tugas1Sosiologi_DefinisiSosiologi


Nama : Aanisa Natasya Wulandari
Kelas : KPI 1A
NIM : 1113051000036
Definisi Sosiologi Menurut Para Ahli
A.    Auguste Comte
Menurut Comte, sosiologi adalah hukum tentang kemajuan manusia dikatakan dalam buku course de philosophie positive bahwa manusia akan melewati tiga jenjang dalam hidupnya yaitu jenjang teologi, jenjang metafisika, dan jenjang positif.

dwikihandikapmi3_tugas1masalahsosiologiperkotaan

Dampak positif dan negatif sepertinya semakin sulit di hindari dalam pembangunan sehinnga selalu diperlakukan usaha untuk lebih mengembangkan dampak positif pembangunan serta mengurangi dan mengantisipasi dampak negatifnya gelandangan dan pengemis (gepeng) merupakan salah satu dampak negatif pembangunan. Khususnya pembangunan perkotaan keberhasilan percepatan pembangunan di wilayah perkotaan dan sebaliknya keterlambatan pembangunan di wilayah pedesaan mengundang arus imigrasi desa-kota yang antara lain memunculkan gepeng karena sulitnya pemukiman dan pekerjaan di wilayah perkotaan dan pedesaan.

Vicky Dianiya KPI 1A_Tugas 1_Definisi Sosiologi

DEFINISI SOSIOLOGI


Auguste Comte
                Comte adalah orang pertama yang menggunakan istilah sosiologi (Pickring, 2000; Turner, 2001). Ia membawa pengaruh besar pada beberapa orang teoretisi sosiologi yang lebih kemudian (khususnya Herbert Spencer dan Emile Durkheim). Ia percaya bahwa studi sosiologi haruslah ilmiah, sebagaimana yang dirintis teoretisi klasik dan sosiolog-sosiolog kontemporer.
        

Desty Aryani KPI 1B_Tugas 1_Definisi Sosologi

Devinisi Sosiologi
1.      Auguste Comte (1798-1857)
 
August Comte merupakan bapak sosiologi yang pertama memberikan nama pada ilmu sosiologi (yaitu dari kata socius dan logos), Ia mempunyai anggapan bahwa sosiologi terdiri dari dua bagian pokok yaitu social statistics dan social dynamics. Sebagai social statistics  sosiologi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari hubungan timbal-balik antara lembaga-lembaga kemasyarakatan . Sedangkan social dynamics meneropong lembaga-lembaga tersebut berkembang sepanjang masa.
Menurut Comte, masyarakat harus diteliti atas dasar fakta-fakta objektif dan menekankan pentingnya penelitain-penelitian perbandingan antara masyarakat yang berlainan.
 
2.      Emile Durkheim (1858-1917)
 
Menurut Emile Durkheim, sosiologi meneliti lembaga-lembaga dalam masyarakat dan proses-proses sosial. Emile Durkheim juga menekankan pentingnya penelitian perbandingan, karena sosiologi adalah ilmu mengenal masyarakat.
 
3.      Max Waber (1864-1920)
 
Menurut Max Waber sosiologi adalah ilmu yang berusaha memberikan pengertian tentang aksi-aksi sosial. Ia berusaha memberikan pengertian mengenai perilaku manusia dan sekaligus menelaah sebab-sebab terjadinya interaksi sosial.
Max Waber juga terkenal dengan teori ideal typus. Yang dimaksud ideal typus adalah alat untuk menganalisis gejala-gejala dalam masyarakat.
 
4.      Karl Marx (1818-1883)
 
Pemikiran Marx dilatarbelakangi dan diilhami oleh perubahan sosial besar yang melanda Eropa Barat sebagai dampak perkembangan kerja, khususnya yang terkait dengan kapitalisme.
 
Sumber : Sosiologi suatu pengantar,  Soerjono Soekanto.

Arga Pebrian KPI 1 B_Tugas1_Definisi Sosiologi

Sosiologi menurut :
    
1. Auguste Comte

Comte mengatakan bahwa ilmu sosiologi harus didasar pada pengamatan, perbandingan, eksperimen, dan metode histori secara sistematis.
Objek-objeknya pun harus berupa fakta. Dia juga menyumbangkan pemikiran yang mendorong perkembangan sosiologi yang dikenal dengan hokum manusia dan hokum tiga jenjang.
Dalam pandangannya, Comte berpandangan bahwa sosiologi harus menggunakan metode positif.
Karena menurutnya, sosiolgi harus merupakan ilmu yang sama ilmiahnya dengan ilmu pengetahuan alam yang  mendahuluinya. (Sumber: Buku Pengantar Sosiologi _ Dr. Basrowi M.S)
 
2. Emile Durkheim

Menurutnya sosiologi meneliti lembaga-lembaga dalam masyarakat dan proses-proses sosial.
Durkheim mengklasifikasikan sosiologi menjadi tujuh bagian berdasarkan pokok bahasannya

1. Sosiologi Umum
2. Sosiologi Agama
3. Sosiologi Hukum dan Moral
4. Sosiologi Tentang Kejahatan
5. Sosiologi Ekonomi
6. Sosiologi Masyarakat
7. Sosiologi Estetika

Durkheim melihat bahwa setiap manusia itu perlu yang namanya solidaritas. Dan dia membedakan antara dua tipe utama solidaritasya itu, solidaritas mekanik dan solidaritas organik (Sumber: Buku Pengantar Sosiologi _ Dr. Basrowi M.S)
 
3. Max Weber

Didalam sosiologi terapannya Weber memiliki pemikiran foralisme neoKantian dan neoidealis.
Weber menolak bahwa sosiologi tidak lebih dari sekedar formform melainkan aksi social itu sendiri.
Jadi, menurutnya sosologi adalah ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan social (Sosiologi Klasik _ Wardi Bahtiar M.S)
Baginya kedudukan sosiologi (Agama) sangat dekat dengan sejarah dan filsafat dan merupakan suatu refleksi dan analisis sistematis terhadap masyarakat, kebudayaan, dan agama sebagai proyek agama.
Tujuannya hendak mengungkapkan pola-pola social dasar dan peranannya dalam menciptakan masyarakat. (Sosiologi Agama _ Hendro Puspito)
 
4. Karl Mark

Menurutnya, selama masyarakat masih tertbagi atas kelas-kelas, maka kelas yang berkuasa pun akan terhimpun segala kekayaan dan kekuatan, seperti kelas borjius dan kelompok proletar.
Meskipun anggapannya tidak pernah terwujud, namun pemikirannya mengenai stratifikasi social dan dan konflik tetap berpengaruh terhadap pemikiran sejumlah besar ahli sosiologi.
Seperti para tokoh sosiologi lainnya, pemikirannya pun dilatarbelakangi oleh perubahan social besar yang melanda Eropa Barat sebagai dampak perkembangan  pembagian kerja. (Sumber: Pengantar Sosiologi _ Soerjono Soekanto)

Muhammadabdulmuhaiminas'adPMI3_tugas1_masalahsosiologiperkotaan


Sosiologi perkotaan   tentang kehidupan perkotaan
  Sosiologi perkotaan adalah suatu teori tentang menerangkan problematika social struktur kota. Dalam dimensinya sosilogi perkotaan ini berdampak pada satu kehidupan yang mana berbeda-beda dalam kelas kehidupanya, namun dalam masalah kebijakan, struktur dan tata ruang hidup perkotaan maka harus ada satu kebijakan yang penting tentang ilmu sosiologi perkotaaan itu sendiri. Dimensi paham sosiologi cukup relative dengan permasalahan-permasalahan yang berpusat pada perkotaan dan tata ruang metropolitan.

ImamRamadhanPmi3_Tugas1_MasalahSosiologiPerkotaan

Pembahasan
Perkotaan identik dengan kesemrawutan yang ada di daerah perkotaan tersebut mulai dari tatanan kota yang salah dan pembangunan tidak merata, Indonesia juga menghadapi masalah perkotaan yang cukup menekan khususnya sejak Pemerintahan Orde Baru tahun 1970-an di mana keamanan hidup di perkotaan makin meningkat dan pembangunan di kota-kota makin menggebu-gebu, ini merangsang urbanisasi berjalan dengan pesat dan tidak terkendali.

Robiyatul Adawiyah_KPI 1b_Tugas Definisi Sosiologi

Teori  sosiologi menurut 4 pakar

A.August Comte (1789-1857)
August comte dikenal sebagai bapak sosiologi, dialah yang memberikan nama terhadap ilmu sosiologi. Hal ini didasarkan pada pada keyakinan comte bahwa fenomena sosial juga merupakan subjek bagian dari hukum alam.

Rizka Fitriana Sari_Tugas1_Definisi Sosiologi

Rizka Fitriana Sari
1113051000119
A. DEFINISI SOSIOLOGI
1. Auguste Comte (1798-1857)
Comte adalah orang pertama yang menggunakan istilah sosiologi. Ia membawa pengaruh besar pada beberapa orang teoretisi sosiologi yang lebih (khususnya Herbert Spencer dan Emile Durkheim). Ia percaya bahwa studi sosiologi haruslah ilmiah, sebagaimana yang dirintis teoritisi klasik dan sosiolog-sosiolog kontemporer.

Afifah azmi kpi 1C_tugas1_definisi sosiologi

Definisi-definisi sosiologi :
1. Auguste comte, ia mengatakan bahwa kajian ilmu sosiologi yang tidak menggunakan metode pengamatan,perbandingan,eksperimen ataupun historis secara sistematis bukanlah kajian ilmiah melainkan hanya renungan atau khayalan belaka. Dalam pandangannya, sosiologi harus merupakan ilmu yang sama ilmiahnya dengan ilmu pengetahuan
alam yang mendahuluinya.
2. Karl marx, sosiologi bagi karl marx terfokus pada teorinya mengenai kelas yang disajikannya dalam berbagai tulisan. Menurut marx pembagian kerja dalam kapitalisme meliputi 2 kelas (kelompok yang menguasai alat-alat produksi) dan kelas proletar (kelompok rakyat jelata yang tidak memiliki alat-alat produksi).
3. Emile Durkheim, sosiologi meneliti lembaga-lembaga dalam masyarakat dan proses-proses sosial. Menurut durkheim setiap masyarakat manusia memerlukan solidaritas. Ia membedakan antara 2 tipe: solidaritas mekanik dan solidaritas organik. Solidaritas mekanik adalah tipe solidaritas yang didasarkan atas persamaan dan sering dijumpai pada masyarakat yang masih sederhana. Solidaritas organik adalah suatu sistem terpadu yang terdiri atas bagian yang saling tergantung maka solidaritas ini organik didasarkan pada hukum dan akal
4. Max weber, sosiologi menurutnya mengacu pada perilaku-perilaku manusia dan aksi-aksi sosial. Dalam kajiannya weber menyebutkan bahwa sosiologi ilmu yang berupaya memahami 'tindakan sosial'

Siti Utami P KPI 1A Tugas1_DefinisiSosiologi


Definisi Sosiologi menurut para ahlI

v  Auguste Comte : Menurut Comte, Sosiologi adalah studi tentang strata sosial (Stuktur) dan dinamika sosial (proses/fungsi). Di dalam membahas struktur masyarakat, Comte menerima premis " Masyarakat adalah laksana organisme hidup ". Selain itu, Comte memiliki studi Sosial Static dan Sosial Dinamic. Yang dimaksud Sosial Static adalah aspek-aspek sosial dari kehidupan sosial dan mendorong masyarakat untuk tetap bersama dan bertahan.

rahmatussirriKPI1B_tugas1_DefinisiSosiologi

Definisi Sosiologi menurut para tokoh :
1.      Auguste Comte (1798-1857)
Beliau adalah seorang ahli filsafat berkebangsaan Perancis, yang dijuluki sebagai Bapak Sosiologi karna ia yang pertama kali menggunakan atau memberi nama pada ilmu tersebut (yaitu socious dan logos). Beliau beranggapan bahwa sosiologi terdiri dari dua bagian pokok, yaitu social statistics dan social dynamics yang hingga kini klasifikasi Comte ini masih tetap relevan . Sebagai social statistics, sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara lembaga-lembaga kemasyarakatan. Sedangkan social dynamics meneliti bagaimana lembaga-lembaga kemasyarakatan itu berkembang dan mengalami perkembangan sepanjang masa. Perkembangan dalam social dynamics tersebut pada hakikatnya melewati tiga tahap,

Rini Astuti KPI 1B_Tugas1_Definisi Sosiologi

Auguste Comte (1798-1857)
Perkataan sosiologi pertama kali digunakan oleh Auguste Comte, seorang ahli filsafat kebangsaan Prancis. Oleh karena itu, tokoh ini lazim dikenal sebagai Bapak Sosiologi. Menurut Auguste Comte, sosiologi merupakan ilmu positif tentang masyarakat, artinya sosiologi merupakan suatu studi ilmiah tentang masyarakat. Objek yang dikaji harus berupa fakta dan kajian yang mengarah pada kepastian dan kecermatan yang berdasarkan pada pengamatan, perbandingan, eksperimen, dan metode historis. Ia juga membagi sosilogi kedalam dua bagian besar yaitu, statika sosial dan dinamika sosial.
Emile Durkheim (1858-1917)

Nurratika PuriKPI1A_Tugas1_Definisi Sosiologi

Definisi sosiologi menurut beberapa Ahli
1.      Aguste Comte (1798-1857)
Aguste comte , dari Prancis merupakan bapak sosiologi yang pertamakali memberi nama pada ilmu tersebut (yaitu dari kata –kata socius dan logos). Walaupun dia tidak mengurai secara rinci masalah-masalah yang menjadi objek sosiologi, dia mempunyai anggapan bahwa sosiologi terdiri dari dua bagian pokok, yaitu social statistics dan social dynamics. Sebagai social statsistic, sosiologi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara lembaga-lembaga kemasyarakataan. Sementara itu, social dynamics meneropong bagaimana lembaga-lembaga tersebut berkembang dan mengalami perkembangan sepanjang masa. Perkembangan tersebut pada hakikatnya melewati tiga tahap, sesuai tengan tahap-tahap perkembangan manusia, yaitu:

ImamRamadhanPmi3_Tugas1_MasalahSosiologiPerkotaan


labib faishal ariq PMI 3_Tugas 1_Permasalahan sosiolog perkotaan

Dalam kehidupan di perkotaan tentu kita dapat menjumpai permasalahan social bukan hanya di kota tetapi juga di desa, Menurut Soerjono Soekanto masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Dalam pembahasan di bawah saya akan membahas beberapa masalah social yang diantaranya adalah kepadatan penduduk, kemiskinan, kebodohan.

diya urrohman PMI 3_Tugas1_PERMASALAHAN SOSIOLOGI PERKOTAAN

PERMASALAHAN – PERMASALAHAN SOSIOLOGI PERKOTAAN

 

Begitu banyak bayangan kita tentang kota yang tanpa ada batasan yang jelas, yang mana dalam bayangan kita ketika ada istilah kota, maka yang kita bayangkan adalah sebuah wilayah yang selalu sibuk dengan segala aktivitasnya. Dan kota selalu dipandang sebagai pusat pendidikan, pusat kegiatan ekonomi, dan pusat pemerintahan. Namun, pada kenyataannya contoh dari ibu kota Negara kita yaitu Jakarta memiliki banyak sekali permasalah – permasalahan sosiologi perkotaan, seperti pencemaran atau polusi, banjir, sampah, air bersih, transportasi, perumahan atau tempat tinggal, dan kebakaran, yang kesemuanya dapat berdampak pada kesehatan, baik kesehatan manusia maupun kesehatan lingkungan. Pemerintah pun juga sudah berupaya untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut seperti pembangunan banjir kanal, penggunaan teknologi pengolahan sampah, teknologi informasi untuk mitigasi bencana, penggunaan teknologi untuk mengurangi dampak polusi, dan lain sebagainya.

Seiring dengan pertumbuhan pembangungan kota Metropolitab, muncul gagasan untuk mengembangkan wilayah dari metropolitan ke megapolitan. Konsep megapolitan tersebut, memerlukan telaah dan persiapan lintas disiplin ilmu dan telaah mendalam dari berbagai sudut pandang, agar gagasan tersebut membawa dampak pada kesejahteraan rakyat dan kelestarian lingkungan hidup. Gagasan tersebut merupakan salah satu upaya perencanaan konsep keberlanjutan masa depan.

 

Contoh permasalahan – permasalahan sosiologi perkotaan

 

1.      ARUS URBANISASI YANG CEPAT

Berdasarkan survei penduduk antar sensus (Supas) 1995, tingkat urbanisasi di Indonesia pada tahun 1995 adalah 35,91 persen yang berarti bahwa 35,91 persen penduduk Indonesia tinggal didaerah perkotaan. Tingkat ini telah meningkat dari sekitar 22,4 persen pada tahun 1980 yanglalu. Sebaliknya proporsi penduduk yang tinggal di daerah pedesaan menurun dari 77,6 persen pada tahun 1980 menjadi 64,09 persen pada tahun 1995.Meningkatnya kepadatan penduduk perkotaan membawa dampak yang sangat besar kepadatingkat kenyamanan yang tinggi. Kota seperti Jakarta misalnya tidak dirancang untuk melayani mobilitas penduduk lebih dari 10 juta orang. Dengan jumlah penduduk lebih dari 8 juta penduduk saat ini, ditambah dengan 4-6 juta penduduk yang melaju dari berbagai kota sekitar Jakarta, menjadikan Jakarta sangatlah sesak. Kedekatan jangkauan terhadap pusat-pusat perekonomian di perkotaan, menjadikan daya tarik lain sehingga sebagian penduduk lebih memilih tinggal di kota, meski mereka terpaksa tinggal di ruang yang sangat terbatas. Akibatnya, area-area kumuh, dengan fasilitas kehidupan dan kebutuhan umum yang terbatas, menjadi semakin meluas.

 

2.      KRIMINALITAS

Kejahatan atau kriminalitas di kota-kota besar sudah menjadi permasalahan sosial yang membuat semua warga yang tinggal atau menetap menjadi resah, karena tingkat kriminalitas yang terus meningkat setiap tahunnya. Faktor penyebab tingkat pengangguran yang tinggi yaitu  kurangnya lapangan pekerjaan membuat tingkat kriminal juga meningkat. oleh karena itu banyak rakyat yang kemiskinan yang dialami oleh rakyat kecil kadang membuat mereka berfikir untuk melakukan tindakan kriminalitas.

Contoh tindak kejahatan adalah pencurian, perampokan, penjambretan, pencopetan, pemalakan, korupsi, pembunuhan, dan penculikan. Banyaknya tindak kejahatan menciptakan rasa tidak aman. Perampokan dan penodongan menggunakan senjata api sering terjadi di kota besar. Di desa pun sering terjadi pencurian. Misalnya, ada yang mencuri ternak, hasil pertanian, hasil hutan, dan sebagainya.

 

Tindak kejahatan pencurian dan perampokan sering disebakan oleh masalah kemiskinan dan pengangguran. Karena itu, pemerintah dan masyarakat harus berusaha keras untuk menciptakan lapangan kerja. Selain itu, kualitas dan pemerataan pendidikan harus ditingkat-kan untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian warga. Sementara itu, aparat keamanan, terutama polisi harus mampu memberantas tindak kejahatan. Masyarakat diharapkan membantu polisi.

 

3.      MENINGKATNYA SEKTOR INFORMAL

Kesenjangan antara kemampuan menyediakan sarana penghidupan dengan permintaan terhadap lapangan kerja, memacu tumbuhnya sektor informal perkotaan. Pada saat krisis ekonomi terjadi jumlah penduduk perkotaan yang bekerja di sektor informal ini semakin besar. Di satu sisi tumbuhnya sektor informal ini merupakan katup pengaman bagi krisis ekonomi yang melanda sebagian besar Bangsa Indonesia. Namun, pada gilirannya peningkatan aktivitas sektor informal, terutama yang berada di perkotaan dan menyita sebagian ruang publik perkotaan, menimbulkan masalah baru terutama menyangkut aspek kenyamanan dan ketertiban yang juga menjadi hak publik bagi warga perkotaan yang lain.

 

4.      DISPARITAS PENDAPATAN ANTAR PENDUDUK PERKOTAAN (KESENJANGAN SOSIAL)

Perbedaan tingkat kemampuan, pendidikan dan akses terhadap sumber-sumber ekonomi menjadikan persoalan perbedaan pendapatan antarpenduduk di perkotaan semakin besar. Di satu pihak, sebagian kecil dari penduduk perkotaan menguasai sebagian besar sumber perekonomian. Sementara di sisi lain, sebagian besar penduduk justru hanya mendapatkan sebagian kecil sumber perekonomian. Akibatnya, terdapat kesenjangan pendapatan yang semakin lama semakin besar. Sebagai bagian dari mekanisme pasar, kondisi ini sebenarnya sah-sah saja dan sangat wajar terjadi. Persoalannya, ternyata dan praktiknya disparitas pendapatan ini menimbulkan persoalan sosial yang tidak ringan. Terjadinya kecemburuan sosial yang bermuara pada kerusuhan massal, kerap terjadi karena persoalan ini. Dalam skala yang lebih kecil, meningkatnya kriminalitas di perkotaan, merupakan implikasi tidak meratanya kemampuan dan kesempatan untuk menikmati pertumbuhan perekonomian di perkotaan.

 

 

5.      MENINGKATNYA KEMACETAN

Pertumbuhan jumlah kendaraan sebagai akibat pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya pendapatan penduduk, membawa implikasi lain bagi perkotaan. Masalah kemacetan lalu lintas merupakan masalah yang tidak mudah dipecahkan oleh para pengambil kebijakan perkotaan.

Terbatasnya wilayah untuk memperluas jaringan jalan, merupakan kendala terbesar sehingga penambahan ruas jalan yang dilakukan pemerintah tak dapat mengimbangi laju pertambahan penduduk. Akibatnya persoalan kemacetan lalu lintas ini semakin lama semakin menjadi.

Persoalannya semakin pelik, ketika pemerintah tidak mampu menyediakan sarana transportasi umum dan massal yang memadai, sehingga masyarakat lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi dan akhirnya menjadikan masalah kemacetan ini makin menjadi.

Di lain pihak pembangunan kota-kota satelit di sekitar Jakarta, tak mampu memecahkan masalah ini, karena para penduduk kota satelit ini justru masih mencari penghidupan di Jakarta. Akibatnya pembangunan kota-kota ini justru hanya memperluas sebaran daerah-daerah pusat kemacetan lalu lintas.

 

6.      KEBAKARAN

Masalah sosial lainnya yang juga sering dihadapi warga masyarakat di lingkungan kita adalah kebakaran. Siapa yang pernah melihat kebakaran? Kebakaran apa yang kamu saksikan itu? Apakah rumah atau hutan dan semak belukar? Apa yang terjadi ketika kebakaran? Api melahap segala sesuatu dengan cepat, bukan? Kebakaran yang terjadi di masyarakat umumnya merupakan kebakaran pemukiman. Sebuah rumah terbakar dan menjalar ke rumah-rumah di sekitarnya. Penyebabnya antara lain kompor meledak dan sambungan arus pendek (korsleting) listrik. Karena itu, masyarakat harus sangat hatihati dengan dua hal ini. Kebakaran pemukiman kumuh dan padat penduduk umumnya merusak sebagian bahkan seluruh rumah yang ada di sana. Ini disebabkan karena bahan-bahan yang dipakai untuk membangun rumah memang mudah terbakar. Selain itu, jalan masuknya sempit sehingga sulit dijangkau oleh mobil pemadam kebakaran.

Kebakaran pemukiman sangat menyusahkan warga. Kita harus berusaha mencegah terjadinya kebakaran di lingkungan kita. Caranya antara lain sebagai berikut.

 

1.      Merawat kompor supaya layak pakai dan tidak bermasalah.

2.      Merawat jaringan listrik. Kabel yang mulai mengelupas diganti.

3.      Mematikan kompor setelah memasak.

4.      Berhati-hati menggunakan lilin dan korek api.

Kebakaran hutan sering terjadi pada musim kemarau. Asap kebakaran hutan banyak sekali. Asap kebakaran hutan mengganggu kesehatan dan lalu lintas. Selain itu, kawasan hutan akan semakin berkurang. Kalau terjadi kebakaran, segera menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran terdekat. Warga juga harus saling membantu memadamkan api. Dan yang juga penting adalah mencegah terjadinya kekacauan atau aksi pencurian yang biasanya ikut terjadi pada saat terjadi kebakaran.

 

7.      PENCEMARAN LINGKUNGAN

Macam – macam pencemaran lingkungan diantaranya, Ada pencemaran air dan pencemaran udara. Apa yang menyebabkan pencemaran air seperti sungai, danau, waduk, dan laut? Perairan bisa tercemar karena ulah manusia, misalnya membuang sampah ke sungai dan menangkap ikan dengan menggunakan pestisida. Sungai, danau, atau waduk juga menjadi tercemar kalau pabrik-pabrik membuang limbah industri ke sana. Pencemaran mengakibatkan matinya ikan dan makhluk lainnya yang hidup di air. Akhirnya, manusia juga menderita kerugian.

Pencemaran udara disebabkan asap kendaraan bermotor dan asap pabrik-pabrik. Kamu yang tinggal di kota pasti menghadapi masalah ini setiap hari. Kalau kamu habis jalan-jalan, coba usaplah wajahmu dengan kapasbersih. Apa yang kamu lihat pada kapas itu? Kapas itu akan menjadi hitam karena kotoran yang ada di wajahmu. Kotoran itu berasal dari debu dan asap kendaraan bermotor. Udara yang kita hirup adalah udara yang sangat kotor. Bayangkan apa yang terjadi dengan paru-paru kita, kalau kita menghirup udara yang sangat kotor seperti itu. Berbagai cara telah dilakukan pemerintah untuk mengatasi pencemaran udara. Misalnya, membuat taman kota dan menanam pohon sebanyak-banyaknya. Kita sebagai warga negara sebaiknya ikut serta dalam program ini. Selain itu, kalau kita memiliki kendaraan bermotor, usahakan supaya kendaraan tersebut layak dipakai. Jangan sampai kendaraan milik kita mengeluarkan banyak asap. Kalau bepergian ke mana-mana, sebaiknya menggunakan kendaraan umum. Jumlah kendaraan di jalan jadi berkurang.

 

8.      JUMLAH ANAK JALANAN, GELANDANGAN DAN PENGEMIS (GEPENG) YANG MAKIN BANYAK.

Penyandang masalah sosial seperti gelandangan dan pengemis (gepeng) dan pedagang asongan merupakan fenomena sosial yang tidak dapat dihindarkan keberadaannya dari kehidupan masyarakat, terutama yang berada di daerah perkotaan. Selama ini, kebijakan yang sering diterapkan dalam menangani anak jalanan adalah dengan mendirikan rumah singgah. Rumah singgah adalah konsep pembinaan anak jalanan dengan cara melokalisir keberadaan mereka sehingga tidak hidup secara liar dan meresahkan masyarakat sekitar. Namun keberadaan rumah singgah sering tidak menyelesaikan persoalan. Banyak anak jalanan yang bosan dengan program rumah singgah yang diterapkan oleh pemerintah daerah. Mereka lebih merasa bebas dan nyaman dengan tetap hidup dengan cara mereka sendiri.

Keterbatasan sumber daya aparatur pemerintah dan banyaknya masyarakat yang masih bersimpati dengan cara memberikan sumbangan di persimpangan jalan dan di tempat-tempat umum lainnya juga jadi kendala, serta adanya kenyataannya bahwa penghasilan gelandangan, pengemis dan pedagang asongan dengan meminta sedekah dan berjualan di jalanan lebih banyak daripada memiliki usaha sendiri yang permanen. Gelandangan, pengemis dan pedagang asongan mendapatkan uang tanpa ada usaha kerja keras namun melanggar norma yang berlaku di masyarakat serta mengganggu ketertiban dan ketentraman masyarakat.

Persoalan ini menjadi dilema bagi pemerintah karena di satu sisi pemerintah melakukan pembinaan agar gepeng dan pedagang asongan tidak meminta-minta dan berjualan di jalanan, namun di sisi lain masyarakat memberikan sedekah di jalanan dan membeli sesuatu dari pedagang asongan tersebut, dan bahkan kegiatan gelandangan dan pengemis dilaksanakan melalui eksploitasi oknum-oknum tertentu untuk mencari keuntungan.

 

9.      HILANGNYA RUANG PUBLIK

Dalam praktiknya berbagai kepentingan dan fungsi perkotaan kerap harus mengorbankan fungsi kota lainnya. Kota sebagai pusat pertumbuhan ekonomi tentu saja memerlukan lahan bagi pengembangan ekspansi kepentingan tersebut. Persoalannya, ruang dan wilayah perkotaan jumlahnya tetap, sehingga untuk kepentingan ekonomi tersebut harus menggunakan ruang wilayah fungsi kota lainnya. Yang kerap dikorbankan adalah ruang-ruang publik. Sarana olahraga, pendidikan kerap harus tersingkir oleh kepentingan ekonomi.Kasus penggusuran sebuah sekolah di Kawasan Melawai Jakarta baru-baru ini, merupakan salah satu contoh betapa sebuah kepentingan ekonomi harus mengorbankan fungsi kota lainnya, meski itu juga penting, yakni pendidikan.

Pergeseran fungsi lahan atau penghilangan fungsi ruang publik, disadari atau tidak menimbulkan implikasi lain yang serius. Sejak puluhan tahun terakhir ini, ruang-ruang publik antara lain untuk keperluan olahraga harus dikorbankan. Akibantnya, anak-anak muda jakarta kehilangan tempat untuk mengekspresikan jiwa muda dan "kelebihan energinya".

Hidup di lingkungan dan ruang yang terbatas, tidak adanya sarana untuk mengekpresikan diri, menimbulkan dampak sosial yang serius. Perkelahian pelajar misalnya, salah satu penyebabnya adalah karena mereka kehilangan ruang publik tempat mengekspresikan jiwa mudanya.

 

Kondisi ini digambarkan secara cepat oleh Prijono Tjiptoherijanto:

 

Kebijaksanaan pembangunan perkotaan saat ini cenderung terpusat pada suatu arena yang memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi. Hubungan positif antara konsentrasi penduduk dengan aktivitas kegiatan ekonomi ini akan menyebabkan makin membesarnya area konsentrasi penduduk sehingga menimbulkan apa yang yang dikenal dengan nama daerah perkotaan. Sementara terdapat keterkaitan timbal balik antara aktivitas ekonomi dengan konsentrasi penduduk.

Para pelaku ekonomi cenderung melakukan investasi di daerah yang telah memiliki konsentrasi penduduk tinggi serta memiliki sarana dan prasarana yang lengkap. Karena dengan demikian mereka dapat menghemat berbagai biaya, antara lain biaya distribusi barang dan jasa. Sebaliknya, penduduk akan cenderung datang kepada pusat kegiatan ekonomi karena di tempat itulah mereka akan lebih muda memperoleh kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan (Urbanisasi dan perkotaan di Indonesia, Artikel Harian Kompas, Senin, 8 Mei 2000)

 

 

 

 

 

Sumber:

-          Soekanto, Soerjono, "Sosiologi Suatu Pengantar", Jakarta : Rajawali Pers, 2009.

-          www.bisosial.com

Fanny Fidayanti KPI 1B_tugas1_Definisi sosiologi

Definisi Sosiologi menurut beberapa ahli

 

1.     Auguste comte (1798-1857)

Istilah sosiologi dicuarkan oleh Auguste Comte (1798-1857) salah seorang pendiri disiplin ilmu ini secara sederhana "sosiologi" berarti studi mengenai masyarakat, tetapi dalam prakteknya sosiologi berarti studi mengenai masyarakat dipandang dari satu segi tertentu. Ia juga mengatakan bahwa ilmu sosiologi harus didasarkan pada pengamatan, perbandingan, eksperimen, dan metode historis secara sistematis. Objek yang dikaji pun harus berupa fakta (bukan harapan atau prediksi). Jadi, harus objektif dan harus pula bermanfaat serta mengarah kepada kepastian dan kecermatan.

 

2.     Karl Marx (1818-1883)

Ia mengembangkan konsep sejarah perjuangan kelas, yaitu lahirnya kelompok borjuis (kelompok yang menguasai alat-alat produksi) dan kelas proletar (kelompok rakyat jelata yang tidak memiliki alat-alat produksi). Menurut Marx kelompok proletar akan memberontak melawan kelompok borjouis, kemudian melahirkan sesuatu masyarakat tanpa kelas. Meskipun ramalan Marx tidak pernah terwujud, namun pemikiran Marx mengenai stratifikasi sosial dan konflik tetap berpengaruh terhadap pemikiran sejumlah besar ahli sosiologi.  Sebagaimana para tokoh sosiologi lainnya, pemikiran marx pun dilatar belakangi dan diilhami oleh perubahan sosial besar yag melanda Eropa Barat sebagai dampak perkembangan pembagian kerja, khususnya yang terkait dengan kapitalisme.

 

3.     Emile Durkheim (1858-1917)

Durkheim dan rekan-rekannya memperkenalkan pembagian sosiologi  berdasarkan pokok bahasannya. Sosiologi mereka klasifikasikan menjadi tujuh bagian :

a.     Sosiologi umum, yang mencakup kepribadian individu dan kelompok manusia

b.     Sosiologi agama

c.      Sosiologi hukum dan moral, yang mencakup organisasi politik, sosial perkawinan dan keluarga

d.     Sosiologi tentang kejahatan

e.     Sosiologi ekonomi, yang mencakup ukuran-ukuran penelitian dan kelompok kerja

f.       Sosiologi masyarakat, yang mencakup masyarakat perkotaan dan pedesaan

g.     Sosiologi estetika

 

 

4.     Max Weber (1864-1920)

Sebagai ilmu berusaha memberikan pengertian adalah tentang aksi-aksi sosial. Ia memberikan pengertian mengenai perilaku manusia dan sekaligus menelaah sebab-sebab terjadinya interaksi sosial. Karya Max Weber tentang perkembangan sosiologi, misalnya analisis tentang wewenang, birokrasi, sosiologi agama, organisasi-organisasi ekonomi, dan sebagainya.

 

Perbandingan dari definisi yang dikemukakan oleh ke empat ahli tersebut adalah

1.     Auguste comte

Menurut auguste comte ilmu sosiologi itu ilmu yang mempelajari tentag kemasyarakatan yang dipandang dari satu segi tertentu dan beliau mengatakan harus didasarkan pada pengamatan yang benar atau fakta.

2.     Karl marx

Mengenai perubahan, stratifikasi sosial dan konflik-konflik pada masyarakat.

3.     Emile Durkheim

Beliau lebih menjelaskan atau mengklasifikasikan ilmu sosiologi ke berbagai aspek.

4.     Max weber

Ia memberikan pengertian mengenai perilaku manusia dan sekaligus menelaah sebab-sebab terjadinya interaksi sosial.

 

Sumber :

Pengantar Sosiologi Dr.Basrowi M. S

Cari Blog Ini